Abstract:
Model pembejaran inklusif adalah model pembelajaran yang dimana anak
berkebutuhan khusus belajar bersama di kelas regular atau anak normal lainnya
dengan menggunakan kurikulum yang sama dengan cara bertatap muka langsung .
Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada semua anak termasuk anak
berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang layak sesuai degan
kebutuhannya, dan mewujudkan penyelengaraan pendidikan yang menghargai
keanekaragaman dan tidak diskriminatif kepada semua peserta didik yang memiliki
kelainan.
Manfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memeiliki kesempatan
penyesuaian dan kesiapan diridalam menghadapi kehidupan di masyarakat
Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif teknik pengumpulan
data yang digunakan , penelitian menggunakan observasi dan wawancara.
Penelitian ini di tempatkan di mts yayasan perguruan istiqomah hamparan perak.
Untuk anak berkebutuhan khusus terutama lambat belajar yang membutuhkan
perhatian khusus dan perlu menyeimbangkan pola pikir mereka dengan anak
normal lainnya agar nisa mendapatkan nilai dan pendidikan yang layak .