Abstract:
Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk siswa ideal yang
memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi masalah yang akan di
hadapi. Di kelas XI OTKP SMK Muhammadiyah 04 Medan selama ini motivasi
belajar siswa rendah yang dibuktikan dengan tingkah laku siswa yang tidak sesuai
dengan kegiatan pembelajaran. Salah satu yang di duga menjadi penyebabnya
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn adalah strategi guru dalam
penyampaian pelajaran masih kurang tepat. Dalam hal ini guru masih kurang
menggunakan metode – metode pelajaran yang baru membuat siswa aktif dan
antusias dalam pelajaran PKn, metode yang di gunakan guru itu cenderung
membuat siswa tidak focus pada apa yang sedang dipelajari dan harus
diperhatikan hal ini yang menyebabkan kurang aktif nya belajar PKn
Pembelajaran yang dibutuhkan siswa agar memiliki kemampuan–kemampuan
tersebut adalah pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa, bukan
pembelajaran yang membuat siswa pasif. Untuk mengatasi hal tersebut,
diperlukan metode yang tepat. Oleh karna itu, dalam penelitian ini peneliti
menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model investigasi kelompok.
Yakni pembelajaran yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk
mencari sendiri materi pelajarannya.