dc.contributor.author |
Andriani, Rifda Prima |
|
dc.date.accessioned |
2020-12-03T02:38:44Z |
|
dc.date.available |
2020-12-03T02:38:44Z |
|
dc.date.issued |
2020-10-27 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14373 |
|
dc.description.abstract |
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam
suasana kelompok. Bahwa bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan
informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyusun rencana
keputusan yang tepat. Tujuan layanan bimbingan kelompok adalah
berkembangnya kemampuan bersosialisasi, khususnya kemampuan komunikasi
peserta layanan. Bimbingan kelompok juga bertujuan untuk membantu para siswa
yang mengalami masalah melalui prosedur kelompok. Tujuan dari penelitian ini
adalah Mendeskripsikan perbedaan skor pada kelompok eksprimen untuk
peningkatan keterampilan bertanya siswa sebelum dan setelah diberikannya
perlakuan layanan bimbingan kelompok. Jumlah populasi dalam penelitian ini
berjumlah 61 orang siswa dengan sampel 9 orang siswa, 4 laki-laki dan 5
prempuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang
terdiri dari 20 item pernyataan keterampilan bertanya. Berdasarkan hasil
penelitian, bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan
keterampilan bertanya siswa. Hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa
angka probabilitas Asymp. Sig (2-tailed) persepsi siswa tentang keterampilan
bertanya sebesar 008 atau dibawah alpha 0.05 (0.008 < 0.05). Dari hasil tersebut
maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan
kelompok telah teruji efektifnya. Berdasarkan hasil pre-test siswa sebelum
diberikannya layanan bimbingan kelompok dan hasil post-test setelah
diberikannya perlakuan layanan bimbingan kelompok. |
en_US |
dc.subject |
Layanan Bimbingan Kelompok |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan Bertanya |
en_US |
dc.title |
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa di Kelas VII SMP Swasta Rakyat Sei Glugur Tahun Ajaran 2019/2020 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |