Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Potensi Produk Pada
Pembiayaan Sektor Riil UMKM PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni
Medan. Bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Bank Sumut Kantor
Capem Syariah HM Joni Medan, Bagaimana kontribusi produk pembiayaan
musyarakah di PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan, dan
Bagaimana potensi pembiayaan produk musyarakah pada pembiayaan sektor riil
UMKM di PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni Medan.
Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif sedangkan sumber datanya
adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan
deskriptif analisis. Penelitian yang dilakukan adalah dengan memberikan
serangkaian pertanyaan yang diajukan kepada Pimpinan PT. Bank Sumut Kantor
Capem Syariah HM Joni Medan dan dialihkan langsung kepada karyawan bagian
pelaksana pemasaran dan analisa pembiayaan PT. Bank Sumut Kantor Capem
Syariah HM Joni Medan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa akad
musyarakah memiliki potensi yang begitu besar pada pembiayaan UMKM yang
disalurkan bank syariah, terkhusus PT. Bank Sumut Kantor Capem Syariah HM Joni
Medan. Penyaluran dana yang dilakukan oleh pihak bank itu sendiri berlaku pada
pelaku usaha bisnis rumahan dan penyaluran dana tersebut menggunakan akad
musyarakah. Akad musyarakah yaitu produk yang layak menjadi produk unggulan
dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat sekitar kota medan dalam bidang
ekonomi