Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam
pembelajaran keaksaraan anak melalui metode daring. Dalam penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data yang
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian
dilakukan pada bulan agustus tahun 2020 semester pertama tahun 2020. Observasi
dilakukan dengan melihat keadaan atau situasi lingkungan di RA Nurul Yaqin apakah
lokasi tersebut bisa dilakukan objek penelitian, wawancara dilakukan dengan cara
mengajukan pertanyaan kepada guru-guru orang tua murid, dan beserta anak didik.
Selanjutnya dokumentasi dilakukan berupa foto-foto pada saat peneliti sedang
wawancara dengan guru-guru, wali murid, dan beserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi yang diberikan guru kepada anak dalam pembelajaran
keaksaraan melalui metode daring sangat efektif. Karena hal ini ditunjukkan dengan
guru melakukan pembelajaran melalui handphone dan membuat video tutorial
pembelajaran. Dalam pembuatan video pembelajaran para guru berusaha untuk
menyiapkan segala strategi perencanaan pembelajaran yang akan dilakukan terlebih
dahulu. Hal ini ditunjukkan dengan guru melakukan pembelajaran secara daring/online.
Untuk meningkatkan pembelajaran keaksaraan pada anak untuk pengenalan huruf abjad.