Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dengan Strategi Information Search untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas IX Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Mahardika, Rani
dc.date.accessioned 2020-11-27T04:22:47Z
dc.date.available 2020-11-27T04:22:47Z
dc.date.issued 2020-11-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14241
dc.description.abstract Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa di kelas XI Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 dengan subjek siswa kelas XI Ak berjumlah 26 siswa dan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dengan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Untuk melihat aktivitas belajar siswa dilakukan observasi pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar dilakukan tes. Hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa adalah 23,17% meningkat menjadi 65,38% di siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan ada peningkatan yaitu pada siklus I 19 siswa (73,08%) yang tuntas belajar meningkat menjadi 23 siswa (88,46%) di siklus II. Indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai β‰₯75. Pengujian peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan Ι‘ = 0,05 dan dk= 261=25. Dari hasil perhitungan diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 10,34 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,9595 sehingga 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (10,34 > 2,9595) maka peningkatan hasil belajar siswa signifikan. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dengan strategi Information Search di kelas XI Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 dapat menimgkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Small Group Discussion en_US
dc.subject Strategi Information Search en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dengan Strategi Information Search untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas IX Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account