dc.description.abstract |
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
Akuntansi siswa di kelas XI Ak SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran
2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran
2019/2020 dengan subjek siswa kelas XI Ak berjumlah 26 siswa dan objek
penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion
Dengan Strategi Information Search Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Untuk melihat aktivitas belajar siswa dilakukan
observasi pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar
observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar dilakukan tes. Hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa antara
siklus I dan siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa adalah
23,17% meningkat menjadi 65,38% di siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan
ada peningkatan yaitu pada siklus I 19 siswa (73,08%) yang tuntas belajar
meningkat menjadi 23 siswa (88,46%) di siklus II. Indikator ketuntasan belajar
klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai β₯75. Pengujian peningkatan hasil
belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan Ι = 0,05 dan dk= 261=25.
Dari hasil perhitungan diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 10,34 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,9595
sehingga 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (10,34 > 2,9595) maka peningkatan hasil belajar siswa
signifikan. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
Small Group Discussion dengan strategi Information Search di kelas XI Ak SMK
Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2019/2020 dapat menimgkatkan aktivitas
dan hasil belajar akuntansi siswa. |
en_US |