Abstract:
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan
model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan
berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P
2020/2021. (2) Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh penggunaan model
pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir
kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen semu dengan pendekatan
kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan
model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada kelas eksperimen 1 dan
tanpa menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada
kelas eksperimen 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester
ganjil T.P 2020/2021 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel
untuk kelas eksperimen satu 30 siswa di kelas VII-A dan untuk kelas eksperimen
dua 30 siswa di kelas VII-B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes
awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest). Teknik analisis data menggunakan uji
prasyarat(uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas) dan uji hipotesis. Dan
hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji
mancova) yaitu harga Fhitung = 3,551 setelah dibandingkan dengan Ftabel = 2,92,
ternyata Fhitung (3,551) > Ftabel (2,92) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini
berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain
(POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP
Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021