Abstract:
Pengaruh media dalam kehidupan politik sangatlah besar. Media mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi opini publik dan perilaku masyarakat. Hal ini menjadi sangat penting dalam kampanye partai politik. Cakupan yang luas dalam masyarakat membuat media massa dianggap sebagai salah satu cara yang efektif dalam mengkomunikasikan program kerja, pesan politik, pembentukan image partai atau individu. Penelitian ini bertujuan adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan inefektivitas komunikasi dan merancang strategi komunikasi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi pada KPU Medan dalam rangka sosialisasi Pilkada Kota Medan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa:
(1) berdasarkan message exposure/ketertarikan audiens terhadap program, bahwa program ini cukup menarik dan bermanfaat sehingga tertarik untuk mengikuti program sosialisasi pada pemilu mendatang apabila diberi kesempatan;
(2) berdasarkan isi pesan (message content), bahwa pesan lebih banyak mengkritisi tentang cara penyampaian pesan program tersebut. dan
(3) dari segi pengingatan pesan (Message Recall ), program ini dapat menambah dan meningkatkan ilmu, wawasan, serta manfaat mengenai pengetahuan pemilihan umum pada individuindividu yang telah mengikuti program tersebut, khususnya bagi para pemilih pemula.