Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi persamaan
linier dua variabel yang valid. Penelitianini menggunakan pengembangan
Research and Development (R&D) model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu
yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan
penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini hanya sampai
3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan
(design), dan pengembangan (develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal
dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat
pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan
developdilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli
media, ahli materi dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis reciprocal teaching pada materi
persamaan linier dua variabel siswa SMP yang valid. Berdasarkan hasil dari
angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat nilai dari ahli
media sebesar 4,0 dengan kriteria valid, ahli materi sebesar 3,94 dengan kriteria
valid dan guru sebesar 4,25 dengan kriteria sangat valid, dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran didapat sebesar 4,38 dengan kriteriasangat valid