Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja
peserta didik berbasis pendekatan saintifik yang layak digunakan. penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefenisian(define),
perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate)
tetapi setelah dimodifikasikan maka pada penelitian ini peneliti hanya sampai 3-D
yaitu pendefenisian(define), perancangan (design), pengembangan (develop).
Tingkat kelayakan RPP dan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada siswa SMA
Negeri 2 Torgamba berdasarkan penilaian dari validator maka RPP dan LKPD
layak digunakan untuk proses pembelajaran , dengan nilai presentase kelayakan
RPP sebesar 90,8% dan kelayakan LKPD sebesar 86,8%. Berdasarkan hasil uji
coba LKPD terhadap siswa , dapat dilihat bahwa dari 10 orang yang dijadikan
sample hanya 2 orang yang tidak tuntas, sehingga didapat 82,4 siswa yang tuntas.
Berdasarkan respon siswa terhadap LKPD maka didapat 89% dari 10 siswa yang
menjadi sample memberikan respon baik terhadap LKPD berbasis pendekatan
saintifik