Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanuddin
dc.date.accessioned 2020-11-27T01:10:40Z
dc.date.available 2020-11-27T01:10:40Z
dc.date.issued 2020-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14197
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attaiment. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021 yang terdiri dari 30 orang siswa dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek Penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran Concept Attainment. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tahap awal mencapai 33,33 % kemudian pada siklus I menjadi 53,33 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,33 %. Dan hasil observasi aktivitas siswa dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,62 dengan kategori Baik, dan pada siklus II meningkat hingga 3,37 dengan kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 24 Medan T.P 2020/2021 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Concept Attainment en_US
dc.subject Pemahaman Konsep en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account