Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Sosa Satu Atap

Show simple item record

dc.contributor.author Hasibuan, Adil Bosar
dc.date.accessioned 2020-11-26T03:44:22Z
dc.date.available 2020-11-26T03:44:22Z
dc.date.issued 2020-11-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14181
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sosa Satu Atap. Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dalam Meningkatkan hasil belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Sosa Satu Atap yang dibatasi dengan materi “Himpunan”. Populasi penelitian ini dengan sampel 20 orang. Populasi untuk selanjutnya adalah pada pertemuan pertana tanpa menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence dan Pertemuan Kedua dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Quasi yakni menggunakan dua kelas, kelas pertama sebagai kelas Eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Pada kelas Eksperimen digunakan Model Pembelajaran Concept Learning dan pada kelas kontrol digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa antara yang menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence. dan yang menggunakan Model Kooperatif Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Hipotesis normalitas untuk model pembelajaran Concept Sentence diterima jika harga Lo > Li tabel untuk uji Lilliefors dengan taraf nyata  = 0,05 dan sebaliknya ditolak. Jadi pada tabel diatas untuk kelas eksperimen Lo > Li dengan 0.41 > 0.05 ini menujukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Efektif digunakan dalam belajar Matematika. Sedangkan pada kelas kontrol Lo < Li dengan 0.257 < 0.05. ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence efektif. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Concept Sentence en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Sosa Satu Atap en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account