Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Matematika
peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sosa Satu Atap. Penerapan Model
Pembelajaran Concept Sentence bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dalam Meningkatkan
hasil belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Sosa Satu Atap yang dibatasi
dengan materi “Himpunan”. Populasi penelitian ini dengan sampel 20 orang.
Populasi untuk selanjutnya adalah pada pertemuan pertana tanpa menggunakan
Model Pembelajaran Concept Sentence dan Pertemuan Kedua dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian eksperimen Quasi yakni menggunakan dua kelas, kelas pertama
sebagai kelas Eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Pada kelas
Eksperimen digunakan Model Pembelajaran Concept Learning dan pada kelas
kontrol digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa antara yang
menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence. dan yang menggunakan
Model Kooperatif Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Hipotesis
normalitas untuk model pembelajaran Concept Sentence diterima jika harga Lo >
Li tabel untuk uji Lilliefors dengan taraf nyata
= 0,05 dan sebaliknya ditolak.
Jadi pada tabel diatas untuk kelas eksperimen Lo > Li dengan 0.41 > 0.05 ini
menujukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran
Concept Sentence Efektif digunakan dalam belajar Matematika. Sedangkan pada
kelas kontrol Lo < Li dengan 0.257 < 0.05. ini menunjukan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence efektif.