dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Think Pair Share
(TPS) dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan metode Library Research. Sumber data yang diperoleh dari skripsi ini
yaitu dengan menganalisis jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan
media pembelajaran Think Pair Share (TPS). Instrumen penelitian ini menggunakan
observasi dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan
mengumpulkan data-data tentang media pembelajaran Think Pair Share (TPS), lalu
menganalisis model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil
belajar akuntansi. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian
sebelumnya, yang dilakukan oleh Susanti dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar
Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Siswa
Kelas X MAN Peusangan” menyatakan bahwa model pembelajaran Think Pair Share
(TPS) sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi. Ini
terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya dengan
hasil belajar siswa dalam materi manajemen dalam pelajaran yaitu test pratindakan
(awal) yang dicapai oleh 21 orang siswa dengan persentase 60%, test siklus I yang
dicapai oleh 26 orang siswa dengan persentase 74,28%, dan terjadi perubahan yang
sangat signifikan pada siklus II yang dicapai oleh 31 orang siswa dari 35 siswa
dengan persentase 88,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan dari analisis yang
telah dilakukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sangat
bermanfaat dalam meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi |
en_US |