dc.contributor.author |
Irma, Ade |
|
dc.date.accessioned |
2020-11-26T01:53:23Z |
|
dc.date.available |
2020-11-26T01:53:23Z |
|
dc.date.issued |
2020-11-14 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14164 |
|
dc.description.abstract |
Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantaran yang berguna untuk
memudahkan proses belajar mengajar,dalam rangka mengefektifkan komunikasi
guru dan siswa.Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat
menimbulkan motivasi belajar yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalis media pemanfaatan media pemebelajaran cross word
puzzle dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif
tinjauan pustaka. Sumber data yang di peroleh dari skripsi ini yaitu menganalisis
10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan media pembelajaran
cross word puzzle (teka–teki silang). Media crossword puzzle merupakan media
pembelajaran yang dapat di manfaatkan dalam proses pembelajaran di karenakan
media ini dapat memudahkan siswa dalam mengingat materi pembelajaran,dapat
meningkatkan kemampuan berpikir siswa, menghilangkan rasa bosan siswa
karena mereka harus berpikir jawaban sampai selesai dan melatih siswa untuk
mandiri dalam belajar.
Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya
menyatakan bahwa media pembelajaran cross word puzzle (teka-teki silang)
sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan kemandirian belajar
siswa. Ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang
menggunkan media pembelajaran cross word puzzle sebagai media pembelajaran.
Adapun langkah-langkah dalam menggunakan media pembelajaran crosswod
puzzle (teka-teki silang) yaitu 1)Membuat gagasan atau beberapa kata kunci yang
berkaitan dengan pelajaran studi yang telah di selesaikan.2)Susun teka-teki silang yang
yang telah di rancang.3)Bagikan teka-teki silang kepada siswa secara individu.4)Isi teka–
teki sialng tersebut sesuai soal secara mendatar atau pun menurun.5)Tentukan batas
waktu.
Dengan demikian maka dapat di simpulkan dari analisis yang telah di
lakukan bahwa media pembelajaran cross word puzzle (teka-teki silang) sangat
bermanfaat dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar |
en_US |
dc.subject |
Media Pembelajaran Croossword Puzzle ( Teka-Teki Silang) |
en_US |
dc.subject |
Kemandirian Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
Analisis Media Pembelajaran Cross Word Puzzle Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |