Research Repository

Analisis Media Pembelajaran Cross Word Puzzle Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar

Show simple item record

dc.contributor.author Irma, Ade
dc.date.accessioned 2020-11-26T01:53:23Z
dc.date.available 2020-11-26T01:53:23Z
dc.date.issued 2020-11-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14164
dc.description.abstract Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantaran yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar,dalam rangka mengefektifkan komunikasi guru dan siswa.Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis media pemanfaatan media pemebelajaran cross word puzzle dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif tinjauan pustaka. Sumber data yang di peroleh dari skripsi ini yaitu menganalisis 10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan media pembelajaran cross word puzzle (teka–teki silang). Media crossword puzzle merupakan media pembelajaran yang dapat di manfaatkan dalam proses pembelajaran di karenakan media ini dapat memudahkan siswa dalam mengingat materi pembelajaran,dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, menghilangkan rasa bosan siswa karena mereka harus berpikir jawaban sampai selesai dan melatih siswa untuk mandiri dalam belajar. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa media pembelajaran cross word puzzle (teka-teki silang) sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Ini terbukti dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang menggunkan media pembelajaran cross word puzzle sebagai media pembelajaran. Adapun langkah-langkah dalam menggunakan media pembelajaran crosswod puzzle (teka-teki silang) yaitu 1)Membuat gagasan atau beberapa kata kunci yang berkaitan dengan pelajaran studi yang telah di selesaikan.2)Susun teka-teki silang yang yang telah di rancang.3)Bagikan teka-teki silang kepada siswa secara individu.4)Isi teka– teki sialng tersebut sesuai soal secara mendatar atau pun menurun.5)Tentukan batas waktu. Dengan demikian maka dapat di simpulkan dari analisis yang telah di lakukan bahwa media pembelajaran cross word puzzle (teka-teki silang) sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar en_US
dc.subject Media Pembelajaran Croossword Puzzle ( Teka-Teki Silang) en_US
dc.subject Kemandirian Hasil Belajar en_US
dc.title Analisis Media Pembelajaran Cross Word Puzzle Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account