Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantu Media Video Animasi Untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK BM PAB 3 Medan Estate Tahun Pembelajaran 2018-2019

Show simple item record

dc.contributor.author Yulistinawati, Lilis
dc.date.accessioned 2020-11-25T03:23:04Z
dc.date.available 2020-11-25T03:23:04Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14136
dc.description.sponsorship Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK BM PAB 3 Medan Estate menggunakan metode quantum learning berbantu media video animasi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan Model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi SMK BM PAB 3 Medan Estate dengan obyek penelitian adalah aspek pengetahuan siswa dengan menggunakan model quantum learning. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti sendiri. Data penelitian dikumpulkan melalui test dan lembar pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK BM PAB 3 Medan Estate dengan menerapkan konsep TANDUR, penataan ruang kelas, sikap positif yang merupakan bagian dari quantum learning. (2) Unsur-unsur dalam quantum learning yang diterapkan pada penelitian ini meliputi (a) Konsep TANDUR, (b) Pemanfaatan modalitas belajar untuk membantu siswa menyerap informasi yang disampaikan, (c) Sikap positif, (d) Penataan lingkungan belajar yang meliputi pengaturan meja kursi dan penggunaan musik dan menampilkan viedo animasi yang berisi materi jurnal khusus selama proses pembelajaran. Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,34% dengan 10 siswa yang tuntas dan 23 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada tes siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar 73,69% dengan 15 siswa yang tuntas dan 8 siswa yang tidak tuntas. dan pada tes siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 85,21% dengan 21 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas.Berdasarkan deskripsi tersebut diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akuntansi yang dilaksanakan dengan menggunakan model quantum learning berbantu video animasi pada pokok bahasan jurnal khusus efektif pada siswa kelas X Akuntansi SMK BM PAB 3 Medan Estate tahun pembelajaran 2018/2019. en_US
dc.subject Quantum Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Penelitian tindakan kelas en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantu Media Video Animasi Untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK BM PAB 3 Medan Estate Tahun Pembelajaran 2018-2019 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account