dc.description.sponsorship |
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK BM PAB 3 Medan Estate
menggunakan metode quantum learning berbantu media video animasi.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan Model Kurt Lewin yang
terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi
SMK BM PAB 3 Medan Estate dengan obyek penelitian adalah aspek
pengetahuan siswa dengan menggunakan model quantum learning.
Pelaksanaan tindakan adalah peneliti sendiri. Data penelitian
dikumpulkan melalui test dan lembar pengamatan. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) penerapan metode quantum learning dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK BM PAB 3 Medan Estate
dengan menerapkan konsep TANDUR, penataan ruang kelas, sikap
positif yang merupakan bagian dari quantum learning. (2) Unsur-unsur
dalam quantum learning yang diterapkan pada penelitian ini meliputi (a)
Konsep TANDUR, (b) Pemanfaatan modalitas belajar untuk membantu
siswa menyerap informasi yang disampaikan, (c) Sikap positif, (d)
Penataan lingkungan belajar yang meliputi pengaturan meja kursi dan
penggunaan musik dan menampilkan viedo animasi yang berisi materi
jurnal khusus selama proses pembelajaran. Pada hasil tes awal diperoleh
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,34% dengan 10 siswa yang tuntas
dan 23 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada tes siklus I diperoleh
rata-rata hasil belajar 73,69% dengan 15 siswa yang tuntas dan 8 siswa
yang tidak tuntas. dan pada tes siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar
85,21% dengan 21 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak
tuntas.Berdasarkan deskripsi tersebut diatas, sehingga dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran akuntansi yang dilaksanakan dengan menggunakan
model quantum learning berbantu video animasi pada pokok bahasan
jurnal khusus efektif pada siswa kelas X Akuntansi SMK BM PAB 3
Medan Estate tahun pembelajaran 2018/2019. |
en_US |