Research Repository

Strategi Kampanye Public Relations PT. Pelindo 1 Dalam Mensosialisasikan Bisnis Kepelabuhanan

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyudi, Denny
dc.date.accessioned 2020-11-25T01:40:03Z
dc.date.available 2020-11-25T01:40:03Z
dc.date.issued 2020-10-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14123
dc.description.abstract PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) merupakan sebuah korporasi yang bergerak dibidang maritim dan kepelabuhanan yang berada dibawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkantor pusat di Belawan, Sumatera Utara. Sebagai sebuah korporasi tentu diharuskan adanya kampanye guna menginformasikan bisnis yang dijalankan agar lebih dikenal luas oleh masyarakat. Sebagai bentuk kampanye public relations dan upaya mensosialisasikan bisnisnya Pelindo 1 menawarkan kegiatan Port Visit sebagai sarana belajar dunia pelabuhan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana Strategi Kampanye Public Relations PT Pelindo 1 Dalam Mensosialisasikan Bisnis Kepelabuhanannya melalui program Port Visit. Dalam penelitian ini berfokus pada kegiatan Port Visit bersama PERHUMAS Muda Medan yang diselenggarakan pada 28 februari 2020 lalu. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Corporate Campaign Theory, dan Teori AIDDA sebagai dasar pemasaran kampanye. Dengan menggunakan metode observasi langsung dimana penulis ikut serta dalam proses pembuatan konsep dan penyelenggaran kegiatan serta metode wawancara dengan 5 (lima) orang narasumber yang mana 2 (dua) diantaranya adalah tim humas Pelindo 1 dan 3 (tiga) lainnya adalah peserta kegiatan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah humas Pelindo 1 menjadikan kegiatan Port Visit sebagai program unggulan dan sarana kampanye untuk mensosialisasikan bisnis kepelabuhanan kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan Port Visit terdaftar dalam Rancangan Kegiatan Bulanan (RKB) perusahaan dan dilakukan rutin sebanyak 2-3 kali dalam beberapa bulan. Berdasarkan hasil penelitian, para peserta yang mengikuti kegiatan Port Visit mengaku dengan konsep yang tidak hanya teori namun terjun langsung kelapangan untuk melihat area pelabuhan, serta fun session sebagai tahap evaluasi, membuka pemikiran mereka tentang dunia kepelabuhan serta peran dan fungsi pelabuhan berubah tidak hanya sebagai tempat bersandar kapal namun berperan sebagai gerbang ekonomi dunia. en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Kampanye Public Relations en_US
dc.title Strategi Kampanye Public Relations PT. Pelindo 1 Dalam Mensosialisasikan Bisnis Kepelabuhanan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account