dc.description.abstract |
PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) merupakan sebuah korporasi yang bergerak
dibidang maritim dan kepelabuhanan yang berada dibawah naungan Kementerian
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkantor pusat di Belawan, Sumatera
Utara. Sebagai sebuah korporasi tentu diharuskan adanya kampanye guna
menginformasikan bisnis yang dijalankan agar lebih dikenal luas oleh masyarakat.
Sebagai bentuk kampanye public relations dan upaya mensosialisasikan bisnisnya
Pelindo 1 menawarkan kegiatan Port Visit sebagai sarana belajar dunia pelabuhan.
Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana Strategi Kampanye Public
Relations PT Pelindo 1 Dalam Mensosialisasikan Bisnis Kepelabuhanannya
melalui program Port Visit. Dalam penelitian ini berfokus pada kegiatan Port Visit
bersama PERHUMAS Muda Medan yang diselenggarakan pada 28 februari 2020
lalu. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan teori Corporate Campaign Theory, dan Teori
AIDDA sebagai dasar pemasaran kampanye. Dengan menggunakan metode
observasi langsung dimana penulis ikut serta dalam proses pembuatan konsep dan
penyelenggaran kegiatan serta metode wawancara dengan 5 (lima) orang
narasumber yang mana 2 (dua) diantaranya adalah tim humas Pelindo 1 dan 3 (tiga)
lainnya adalah peserta kegiatan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah humas
Pelindo 1 menjadikan kegiatan Port Visit sebagai program unggulan dan sarana
kampanye untuk mensosialisasikan bisnis kepelabuhanan kepada masyarakat. Hal
ini dibuktikan dengan Port Visit terdaftar dalam Rancangan Kegiatan Bulanan
(RKB) perusahaan dan dilakukan rutin sebanyak 2-3 kali dalam beberapa bulan.
Berdasarkan hasil penelitian, para peserta yang mengikuti kegiatan Port Visit
mengaku dengan konsep yang tidak hanya teori namun terjun langsung kelapangan
untuk melihat area pelabuhan, serta fun session sebagai tahap evaluasi, membuka
pemikiran mereka tentang dunia kepelabuhan serta peran dan fungsi pelabuhan
berubah tidak hanya sebagai tempat bersandar kapal namun berperan sebagai
gerbang ekonomi dunia. |
en_US |