dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pengawasan Pelayanan
Publik Oleh Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara di Dinas Sosial Kota Medan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, yaitu suatu
jenis penelitian melalui prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan pengamatan,
wawancara, menggambarkan keadaan penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau
sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat
diperoleh kesimpulan bahwa dalam Pengawasan Pelayanan Publik Oleh Ombudsman
Perwakilan Sumatera Utara di Dinas Sosial Kota Medan sudah terimplementasi namun belum
berjalan dengan cukup baik. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya kerjasama yang
dilakukan dan sumberdaya manusia dalam peningkatan partisipsi masyarakat untuk
melaporkan adanya dugaan maladministrasi karena masyarakat masih ada yang belum
mengetahui tugas dan fungsi Ombudsman. Namun, tindakan-tindakan Ombudsman dan
Dinas Sosial dalam menangani kebijakan Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan telah
didelegasikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing bidang. Dari aspek
pelaksanaan pengawasan pelayanan Ombudsman menerima laporan masyarakat sesuai
dengan kewenangan, kerjasama yang dilakukan antar lembaga, serta sistem dan prosedur
yang dilakukan sesuai dengan Undang – Undang. Pengaruh pelaksanaan yang didapatkan
masyarakat dan seluruh perangkat daerah di pemerintah Kota belum berjalan secara
maksimal dikarenakan belum sepenuhnya masyarakat mengetahui tugas dan fungsi
Ombudsman. Sementara Ombudsman sangat membutuhkan partisipasi masyarakat dalam
melaporkan dugaan maladministrasi untuk menjalankan tugas dan fungsi Ombudsman. |
en_US |