dc.description.abstract |
Seiring dengan era globalisasi, semakin banyak perusahaan multinasional
bermunculan dan bergerak di berbagai sektor. Agar memperoleh posisi yang lebih
baik dari saingannya, suatu perusahaan harus mampu mempertahankan citra
perusahaan. PT TIMAH Tbk berusaha untuk mempertahankan tempat serta
kredibilitas sebgai perusahaan tambang timah terpercaya di masyarakat. Untuk
mengkomunikasikan hal tersebut kepada khalayak, maka diperlukan suatu strategi
agar pesan tersebut dapat diterima dengan baik. Begitu juga dalam meningkatkan
eksistensi perusahaan diperlukan adanya pendekatan hubungan yang harmonis
dengan pihak internal dan pihak eksternal. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana peran bidang corporate communication dalam
mempertahankan citra PT TIMAH Tbk. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif yang mana sumber data yaitu dengan wawancara kepada
informan serta observasi pada saat pelaksanaan PMMB. Hasil penelitian bahwa
peran yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi citranya melalui
serangkaian kegiatan internal, kegiatan eksternal, komunikasi dua arah yang
dijalankan, serta strategi edukatif-informatif yaitu dengan memberikan informasi
kepada publik dengan fakta dan opini yang berada di pihak internal maupun
eksternal. |
en_US |