Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) untuk siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode
pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu: (1) Analisis (Analysis)
pada tahap ini siswa membutuhkan suatu media untuk membantu siswa dalam
menerima materi SPLDV dengan cara yang menyenangkan dan tidak
membosankan, (2) Desain (Design) pada tahap ini diperoleh suatu bahan ajar
yang berbentuk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis cergam berkarakter
yang memuat materi sistem persamaan linier dua variabel sehingga siswa dapat
lebih mudah memahami pembelajaran dan membuat pembelajaran lebih
menyenangkan, (3) Pengembangan Development pada tahap ini membuat
produk kemudian di validasi oleh ahli materi dan ahli media, (4) Implementasi
(Implementation) pada tahap ini dilakukkan uji coba terbatas dan uji coba
kelompok utama, (5) Evaluasi (Evaluation) pada tahap ini dilakukan untuk menilai
keefektifan dengan memberikan soal tes hasil belajar siswa.
Pada penelitian ini bahan ajar LKPD dinyatakan layak digunakan sebagai media
pembelajaran yang ditinjau yaitu: Uji validitas yang telah dilakukan oleh ahli
materi dan ahli media. Pada penilaian oleh kedua ahli materi menunjukkan bahwa
rerata 4 atau 5 sehingga termasuk ke dalam kategori “Sangat Valid”. Sedangkan
validasi yang dilakukan oleh kedua ahli media memperoleh rerata skor 4 atau 5
termasuk ke dalam kategori “Sangat Valid”. Sehingga bahan ajar LKPD masuk ke
dalam kategori “Sangat Valid” baik dari penilaian ahli materi maupun ahli media.