Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran
dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman
dan pemecahan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian adalah metode literature review yaitu kegiatan menelaah dan/atau
mengekplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (baik yang
berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data dan atau informasi
lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yakni meteode dokumentasi. Teknik analisi data
yang digunakan yaitu analisis isi. Analisis isi digunakan untuk mendapatkan
inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Untuk
menjaga kekekalan proses pengkajian dan mencegah serta mengatasi mis
informasi (kesalaham pengertian manusiawi yang bisa terjadi karena kekurangan
pengetahuan peneliti atau kekurangan penulis pustaka) maka dilakukan
pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan
komentar pembimbing. Berdasarkan hasil analisis data dari jurnal-jurnal yang
telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan
pemecahan masalah siswa. Siswa juga dapat lebih mudah menyerap pelajaran dan
menyelesaikan soal dengan baik karena mereka membuat sendiri soal yang
mereka pahami dari contoh soal yang telah dijelaskan oleh guru. Siswa lebih
percaya diri dan berani dalam mengemukakan pendapatnya