Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran flipped
classroom dengan pendekatan matematika realistik efektif terhadap hasil belajar
matematika siswa MTs Azizi medan T.P 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah
unutk mengetahui apakah model pembelajaran flipped classroom dengan
pendekatan matematika realistik efektif terhadap hasil belajar matematika siswa
MTs Azizi medan T.P 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Pengambilan sampel
dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
(pretest dan posttest yang berbentuk uraian). Berdasarkan hasil pengujian
hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% atau 0,05 dan derajat
kebebasan dk , diperoleh nilai dengan nilai .
Berdasarkan uji peningkatan (N-Gain) bahwa terdapat peningkatan pada kelas
eksperimen sebesar 0,5 dan pada kelas kontrol sebesar 0,12. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan
matematika realistik efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII
MTs Azizi Medan T.P 2020/2021