Abstract:
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul
pembelajaran matematika dengan menggunakan model Means End Analysis
(MEA) pada pokok bahasan Aritmatika Sosial untuk SMP kelas VII. Model
pengembangan yang digunakan adalah ADDIE hanya sampai pada tahapan yaitu
tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan).
Subjek dalam penelitian ini adalah Validasi Ahli yang terdiri dari dua Dosen Ahli
dan satu Guru Matematika sebagai validator. Kelayakan modul pembelajaran
matematika merujuk pada hasil penilaian modul oleh para ahli terhadap modul
pembelajaran yang dikembangkan. Modul pembelajaran matematika
menggunakan model Means End Analysis (MEA) pada pokok bahasan Aritmatika
Sosial yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak/valid digunakan untuk
siswa SMP kelas VII. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir
pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,53 dengan persentase 88,33%
memenuhi kriteria layak. Hasil penilaian akhir pada IPPP-2 oleh ketiga ahli
dengan rata-rata skor 3,92 dengan persentase 97,92% memenuhi kriteria layak.
Serta hasil penilaian akhir pada IPPP-3 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,89
dengan persentase 97,22% memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran matematika
menggunakan model means end analysis (MEA) pada pokok bahasan aritmatika
sosial SMP layak digunakan.