Research Repository

Desain Pengembangan Alat Peraga Hubungan Antara Sudut Matematika (HUBANTSUKA) pada Materi Garis dan Sudut

Show simple item record

dc.contributor.author Manurung, Novi Wulansari
dc.date.accessioned 2020-11-23T02:11:20Z
dc.date.available 2020-11-23T02:11:20Z
dc.date.issued 2020-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14019
dc.description.abstract Rendahnya kemampuan matematika siswa pada materi garis dan sudut disebabkan karena kurangnya cara dan metode komunikasi yang dilakukan oleh guru sehingga peneliti mendesain sebuah media pembelajaran berupa alat peraga hubantsuka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan alat peraga hubungan antara sudut matematika (hubantsuka) pada materi garis dan sudut. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 4-D yaitu dahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop).Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan ahli dan instrument evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,02 dengan persentase 75,53 % memenuhi kriteria layak. Hasil penilaian akhir pada IPPP-2 oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata skor 3,37 dengan persentase 84,17 % memenuhi kriteria layak. Serta hasil penilaian akhir pada IPPP-3 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,28 dengan persentase 81,95 % memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan alat peraga hubungan antara sudut matematika (hubantsuka) pada materi garis dan sudut layak digunakan en_US
dc.subject Desain Pengembangan en_US
dc.subject Alat Peraga en_US
dc.subject Hubantsuka en_US
dc.title Desain Pengembangan Alat Peraga Hubungan Antara Sudut Matematika (HUBANTSUKA) pada Materi Garis dan Sudut en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account