Abstract:
Rendahnya kemampuan matematika siswa pada materi garis dan sudut disebabkan
karena kurangnya cara dan metode komunikasi yang dilakukan oleh guru
sehingga peneliti mendesain sebuah media pembelajaran berupa alat peraga
hubantsuka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan
alat peraga hubungan antara sudut matematika (hubantsuka) pada materi garis dan
sudut. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model
4-D yaitu dahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap
pengembangan (develop).Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan ahli
dan instrument evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil
penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,02 dengan
persentase 75,53 % memenuhi kriteria layak. Hasil penilaian akhir pada IPPP-2
oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata skor 3,37 dengan persentase 84,17 %
memenuhi kriteria layak. Serta hasil penilaian akhir pada IPPP-3 oleh ketiga ahli
dengan rata-rata skor 3,28 dengan persentase 81,95 % memenuhi kriteria layak.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan alat
peraga hubungan antara sudut matematika (hubantsuka) pada materi garis dan
sudut layak digunakan