Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bahwa Model Treffinger dapat
meningkatkan aktivitas siswa SMP IT Al-Maksum Sunggal T.P 2020/2021. (2)
Untuk mendeskripsikan bahwa Model Treffinger dapat meningkatkan penalaran
matematis siswa SMP IT Al-Maksum Sunggal T.P 2020/2021. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII-A SMP IT Al-Maksum Sunggal T.P 2020/2021 yang
berjumlah 19 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui
observasi, tes kemampuan penalaran matematis siswa dan wawancara selama
pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis data disimpulkan (1) Penerapan
model Treffinger dapat meningkatkan aktivitas siswa SMP IT Al-Maksum
Sunggal T.P 2020/2021. (2) Penerapan model Treffinger dapat meningkatkan
penalaran matematis siswa SMP IT Al-Maksum Sunggal T.P 2020/2021