Abstract:
Model pembelajaran yang didukung dengan media pembelajaran yang baik sangat
dibutuhkan untuk meningkatkan semangat siswa dalam mempelajari matematika
khususnya program linear. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD
dengan model POE dan mengetahui apakah LKPD dengan model POE layak
digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi program linear.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan 4-D namun dimodifikasi menjadi 3-D yaitu tahap pendefinisian
(define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Hasil
penelitian ini berupa perangkat pembelajaran LKPD pada materi program linear
untuk siswa SMA/SMK kelas XI. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi RPP dan LKPD. Berdasarkan hasil penilaian validasi dari
para validator presentase untuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar
90,47% dengan kategori layak dan untuk RPP didapat dengan presentase sebesar
93,75% dengan kategori layak