Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah peningkatkan kemampuan komunikasi
matematika melalui model pembelajaran Student Generated Questions pada siswa
kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Padang Tualang tahun 2020/2021.
Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Guru matematika dan peneliti
sebagai subjek pemberi tindakan kelas. Sedangkan objek penelitian penerima
tindakan kelas adalah 32 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Padang Tualang
semester genap tahun 2020/2021. Pengambilan data dilakukan dengan observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari 3 alur kegiatan berlangsung
secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari
hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematika: (1) Kemampuan
membuat pertanyaan matematika secara tertulis siklus I 60% dan siklus II 78%,
(2) kemampuan meneyelesiakan permasalahan matematika secara tertulis siklus I
51% dan siklus II 64%, (3) kemampuan mempresentasikan hasil diskusi siklus I
51% dan siklus II 68%. Terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika
melalui penerapan model pembelajaran Student Generated Questions.