Research Repository

Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmalia
dc.date.accessioned 2020-11-23T01:41:07Z
dc.date.available 2020-11-23T01:41:07Z
dc.date.issued 2020-11-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14009
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan stategi reciprocal teaching dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada tanggal 11 september 2020 di sekolah SMP IT Al Maksum Sunggal. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan , dan tahap refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Indikator dalam tes kemampuan koneksi adalah sebagai berikut: (1) menuliskan masalah sehari-hari dalam bentuk model matematika; (2) menuliskan konsep matematika yang mendasari jawaban; (3) menuliskan hubungan antar obyek dan konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menerapkan strategi reciprocal teaching di SMP. Sebelum pemberian tindakanuntuk indikator 1, banyak siswa yang mempunyai skor kemampuan koneksi matematis dalam kategori sangat kurang, kurang, cukup, baik, sangat baik, berturut-turut ada sebesar 52,63%, 31,58%, 15,78%, 0%, 0%, sedangkan untuk indikator 2, berturut-turut mendapatkan skor sebesar 31,57%, 31,57%, 10,52%, 26,31%, 0%. Dan untuk indikator 3 mendapatkan skor sebesar 73,68%, 21,05%, 5,26%, 0%, 0%. Banyak siswa yang meningkat kemampuan koneksi matematikanya dari sebelum pemberian tindakan sampai akhir siklus 1 untuk indikator 1, indikator 2, indikator 3 berturut turut ada sebesar 84,19%, 84,19%, dan 63,14%. Sedangkan banyak siswa yang meningkat kemampuan koneksi dari akhir siklus 1 sampai akhir siklus II untuk indikator 1, indikator 2, dan indikator 3 berturut-turut mendapat skor sebesar 73,67%, 85,19%, dan 84,19%. en_US
dc.subject Strategi Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Kemampuan Koneksi en_US
dc.subject Sekolah Menengah Pertama en_US
dc.title Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account