Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan stategi reciprocal teaching dalam
pembelajaran dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan pada
tanggal 11 september 2020 di sekolah SMP IT Al Maksum Sunggal. Tahapan
penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan , dan
tahap refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing
siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, dan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Indikator
dalam tes kemampuan koneksi adalah sebagai berikut: (1) menuliskan masalah
sehari-hari dalam bentuk model matematika; (2) menuliskan konsep matematika
yang mendasari jawaban; (3) menuliskan hubungan antar obyek dan konsep
matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan
menerapkan strategi reciprocal teaching di SMP. Sebelum pemberian
tindakanuntuk indikator 1, banyak siswa yang mempunyai skor kemampuan
koneksi matematis dalam kategori sangat kurang, kurang, cukup, baik, sangat
baik, berturut-turut ada sebesar 52,63%, 31,58%, 15,78%, 0%, 0%, sedangkan
untuk indikator 2, berturut-turut mendapatkan skor sebesar 31,57%, 31,57%,
10,52%, 26,31%, 0%. Dan untuk indikator 3 mendapatkan skor sebesar 73,68%,
21,05%, 5,26%, 0%, 0%. Banyak siswa yang meningkat kemampuan koneksi
matematikanya dari sebelum pemberian tindakan sampai akhir siklus 1 untuk
indikator 1, indikator 2, indikator 3 berturut turut ada sebesar 84,19%, 84,19%,
dan 63,14%. Sedangkan banyak siswa yang meningkat kemampuan koneksi dari
akhir siklus 1 sampai akhir siklus II untuk indikator 1, indikator 2, dan indikator 3
berturut-turut mendapat skor sebesar 73,67%, 85,19%, dan 84,19%.