Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode copy the
master dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi di kelas VII MTsM
Silaping Tahun Pembelajaran 2020-2021 Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 150 orang yang terdiri dari 5 kelas, sedangkan sampel penelitian
diambil 2 kelas dengan teknik simple random sampling yaitu pada kelas VII 3
sebagai kelas eksperimen dan VII 5 sebagai kelas kontrol, lokasi penelitian ini
dialakukan disekolah MTsM Silaping Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten
Pasaman Barat.
Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode ceremah yang
diterapkan dalam kelas kontrol. Sedangkan dikelas eksperimen dengan
menggunakan Metode copy the master. Alat pengumpulan data yang digunakan
yaitu tes tertulis dalam bentuk essay. Kemampuan menulis cerita fantasi dengan
menggunakan Metode copy the master memperoleh hasil sebanyak dengan
kategori baik sekali sebanyak 17 orang (58,62%). Kategori baik sebanyak 7
orang (24,14%). Kategori cukup sebanyak 4 orang (13,79%). Sedangkan untuk
kategori kurang sebanyak 1 orang (3,45%).Artinya kemampuan menulis Cerita
fantasi siswa berada pada tingkat yang baik yang disebabkan karena adanya
pengaruh metode copy the master. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
diperoleh thitung sebesar 4,802. Selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan t tabel
dengan taraf signifikasi 0,05 dengan df=2,66. Diperoleh harga ttabel =1,701 yang
memiliki arti bahwa thitung >ttabel. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini
diterima yaitu adanya pengaruh metode copy the master terhadap kemampuan
menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII MTsM Silaping pada tahun
pembelajaran 2020/2021.