dc.description.abstract |
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pendekatan Rational
Emotif Therapy (RET) pada siswa dan membantu siswa menangani
permasalahan yang ada di diri siswa siswi seperti, kurangnya kepekaan siswa
terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya, tidak menanggapi pelajaran-pelajaran
yang diberikan guru, tidak bersosialisasi dengan teman dan tidak peka/tanggap
dengan sesuatu hal yang ada disekitarnya. Penelitian ini di lakukan di SMP
Muhammadiyah 01 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017, penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII
yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 197 siswa. Untuk menentukan objek
dalam penelitian ini berdasarkan rekomendasi guru BK yaitu sebanyak 5 orang
siswa. Adapun instrument dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan siswa yang bersangkutan dan
guru BK yang memberikan informasi tentang objek penelitian. Adapun teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendekatan untuk
meningkatkan kepekaan siswa dengan pendekatan Rational Emotif Therapy
(RET) dengan layanan konseling individual meningkat dengan baik.Hal ini dilihat
dari perubahan tingkah laku para siswa. |
en_US |