Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga
rogsiling untuk siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode
pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu: (1) Analisis (Analysis)
pada tahap ini siswa membutuhkan suatu media untuk membantu siswa dalam
menerima materi garis singgung lingkaran dengan cara yang menyenangkan dan
tidak membosankan, (2) Desain (Design) pada tahap ini diperoleh suatu alat
peraga yang berbentuk alat peraga rogsiling yang memuat materi garis singgung
lingkaran sehingga siswa dapat bermain sambil belajar yang membuat
pembelajaran lebih menyenangkan, (3) Pengembangan Development pada tahap
ini membuat produk kemudian di validasi oleh ahli materi dan ahli media, (4)
Implementasi (Implementation) pada tahap ini dilakukkan uji coba terbatas dan uji
coba kelompok utama, (5) Evaluasi (Evaluation) pada tahap ini dilakukan untuk
menilai keefektifan dengan memberikan soal tes hasil belajar siswa.
Pada penelitian ini alat peraga rogsiling garis singgung lingkaran dinyatakan layak
digunakan sebagai media pembelajaran yang ditinjau yaitu: Uji validitas yang
telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Pada penilaian oleh kedua ahli
materi menunjukkan bahwa rerata 4 atau 5 sehingga termasuk ke dalam kategori
“Sangat Valid”. Sedangkan validasi yang dilakukan oleh kedua ahli media
memperoleh rerata skor 4 atau 5 termasuk ke dalam kategori “Sangat Valid”.
Sehingga alat peraga rogsiling masuk ke dalam kategori “Sangat Valid” baik dari
penilaian ahli materi maupun ahli media.