Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media audiovisual channel
youtube “YukNgaji ID terhadap kemampuan menganalisis struktur teks ceramah
oleh siswa kelas XI SMA swasta Budisatrya Medan tahun Ajaran 2019-2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA swasta
Budisatrya Medan berjumlah 130 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel
diambil secara random kelas sebanyak dua kelas, yaitu 30 siswa sebagai kelas
eksperimen yang menggunakan media Audiovisual Channel Youtube
“YukNgajiID” dan 33 siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essai yaitu menganalisis struktur teks
ceramah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata
kemampuan menganalisis struktur teks ceramah dengan menggunakan media
adalah sebesar 80,00 dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk kelas
kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 70,45 dengan kategori baik. Selanjutnya
berdasarkan uji “t” diperoleh thitung = 15,40 selanjutnya nilai thitung dibandingkan
dengan ttabel dengan taraf signifikan α =0,05% dengan db =N1 + N2 - 2 = 63,
maka diperoleh ketentuan ttabel = 2,65 dengan demikian dapat diketahui bahwa
thitung > ttabel yaitu 15,40 > 2,65 maka Ha diterima dengan hipotesis yaitu: “Ada
Pengaruh Media Audiovisual Channel Youtube “YukNgaji ID” terhadap
Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Ceramah oleh Siswa Kelas XI SMA
Swasta Budisatrya Medan tahun Pembelajaran 2019-2020”.