dc.description.abstract |
Merek dan Harga sangat erat hubungannya dengan keputusan pembelian,
baik keputusan pembelian yang dilakukan oleh orang perorang, kelompok
maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka baik
terhadap kebutuhan barang maupun jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terhadap pengaruh
merek terhadap keputusan pembelian dan harga terhadap keputusan pembelian
dan apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama antara merek dan harga
terhadap keputusan pembeilan IndiHome pada PT. Telekomunikasi Indonesia
Tbk, Area Medan.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan IndiHome
pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, dengan sampel penelitian diambil dari
sebahagian dari responden yang menjadi pelanggan IndiHome pada PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk. Penelit mengambil sampel dengan teknik
Accidental sampling yaitu menentukan sampel dari populasi yang menjadi
pelanggan tetap dengan ciri dan karakteristik yang telah ditentukan, jumlah
sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier
berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Merek (X1) secara parsial
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y)
dengan nilai hitung thitung 3,106 > ttabel 1,660, dan variabel Harga (X2) memiliki
pengaruh positif dengan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) dengan
nilai thitung 5,942 > ttabel 1,660. Berdasarkan uji secara simultan variabel Merek dan
Harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian dengan nilai fhitung 45,512 > ftabel 3,09 dan nilai koefisien determinasi
(R square) yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,467. Hal ini memiliki arti
bahwa 46,70% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel
Merek (X1) dan Harga (X2). Sedangkan sisanya sebesar 53,30% dapat dijelaskan
oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. |
en_US |