Abstract:
Bahasa mempunyai peranapenting dalam kehidupan manusia, metode bercerita
merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan
berbahasa anak.
Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan berbahasa aank
kelompok B RA Az Zakiyah khususnya dalam menyimak dan berbicara. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak, 2) memberikan
pembelajaran yang menyenangkan melalui metode bercerita dengan boneka tangan di
kelompok B RA Az Zakiyah Kota Binjai.
Penelitian dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya
anak didik kelompok B, yang terdiri dari 13 anak, Teknik analisis data yang digunakan
tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbahasa yang dicapai anak didik di
kelompok B RA Az Zakiyah lebih meningkat di bandingkan dengan sebelumnya di mana
perkembangan bahasa anak hanya mencapai 35%, namun setelah dilakukan praktek
penelitian tindakan kelas melalui metode bercerita dengan boneka tangan, pada siklus
pertama mengalami peningkatan mencapai 58%, maka dari itu dilakukan penelitian
ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 71%, dan pada
siklus ketiga kemampuan berbahasa anak berkembang sangat baik yaitu mencapai 87%,
sehingga kemampuan berbahasa anak sudah memenuhi target penelitian. Begitu pula
dengan guru lebih mudah dalam menyampaikan metode bercerita, dan memberikan
pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode
bercerita dengan boneka tangan berkembang sangat baik.