dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan
kelompok melalui konseling realitas untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok melalui
Konseling realitas untuk meningkatkan rasa kurang percaya diri siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah 8
orang siswa kelas VIII yang memiliki ciri-ciri Rasa kurang percaya diri yang
rendah. Sample yang digunakan adalah participant. Instrumentasi pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Dengan dilakukan nya layanan bimbingan kelompok
melalui konseling realitas untuk meningkatkan rasa kurang percaya diri siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 ternyata
telah berhasil dalam memberikan peningkatan rasa kurang percaya diri pada
siswa, hal ini dapat dilihat dari cara-cara siswa memberikan saran, masukanmasukan atau
dorongan kepada teman sekelompoknya dan juga lebihpercaya diri, kemudian juga dilihat dari perubahan
pola pikirkearah yang lebih positif. |
en_US |