Abstract:
Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan permainan berkelompok
dapat meningkatkan sosial emosional anak di RA Islahiyah Binjai. Berdasarkan
masalah dalam penelitian ini, diharapkan melalui kegiatan permainan
berkelompok ini dapat meningkatkan sosialisai emosional anak di RA Islahiyah
Binjai. Adapun perosudur penelitian tindakan kelas (PTK) adalah perencanaan,
pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi, dan teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik deskriftif komulatif penelitian
tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial
emosional anak melalui kegiatan permainan berkelompok yang telah di jelaskan
pada tindakan awal atau pra siklus dengan nilai rata-rata 48,5%, perkembangan
sosial emosional anak melalui permainan berkelompok siklus I dengan nilai ratarata
sebesar 67,5%. perkembangan sosial emosional anak melalui permainan
berkelompok pada siklus II sebesar 70,25% dan perkembangan sosial emosional
anak melalui permainan berkelompok pada siklus III dengan nilai rata-rata
82,75%.