Abstract:
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk dan
mengetahui validitas, respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Modul
Digital Interaktif yang telah dihasilkan. Penelitian ini mengembangkan Media
Pembelajaran Berbasis Modul Digital Interaktif Pada Materi Himpunan di SMP
Negeri 3 Medan T.A 2020/2021 . Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas
VII- SMP yang terdiri dari 5 kelas, dimana peneliti memilih responden
berdasarkan skala kecil dan skala besar. Penelitian ini menggunakan
pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunsksn model
ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu yaitu analisis (analysis), perancangan
(design), pengembangan (development), implementasi dan (implemetation).
Modul yang telah dibuat memehuni kriteria kevalidan dan kelayakan yang
ditunjukan dengan menggunakan lembar validasi ahli dan ahli materi. Hasil
validasi ahli materi mencapai rata-rata 3.70 dengan kategori valid dan layak, dan
hasil validasi ahli media mencapai rata- rata 3.72 dengan kategori valid dan layak.
Aspek kemenarikan berdasarkan respon siswa mencapai rata-rata 3.60 dengan
kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah
dilakukan, dapat disimpulkan media pembelajaran Berbasis Modul Digital
Interaktif pada materi himpunan layak dan sangat menarik untuk digunakan
ditinjau dari aspek kevalidan dan respon siswa.