Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan anak dalam mengenal
alfabet dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis edutaintment di RA Al-Iman
Desa Tj Sari Kecamatan Batang Kuis. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan anak dalam mengenal alfabet melalui pembelajaran berbasis edutaintment
di RA Al-Iman Desa Tj Sari Kecamatan Batang Kuis.
Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang dengan jumlah 7 orang anak laki-laki dan 8
anak perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara
dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus yang dilakukan dengan
beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prasiklus kemampuan mengenal huruf alfabet
dengan pembelajaran berbasis edutaintment masih rendah yaitu rata-rata sebesar
49,5%. Siklus 1 mulai berkembang yaitu rata-rata sebesar 59,75%, siklus 2 berkembang
sesuai harapan yaitu rata-rata sebesar 71,25% dan siklus 3 berkembang sangat baik
yaitu rata-rata sebesar 81,5%. Simpulan dalam penelitan ini adalah kemampuan anak
dalam mengenal alfabet dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis edutaintment
di RA Al-Iman Desa Tj Sari Kecamatan Batang Kuis.