Abstract:
Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGENAL HURUF MELALUI TEKA-TEKI BERGAMBAR DI RA PESANTREN
MODERN DAAR AL-ULUM KECAMATAN KISARAN BARAT KABUPATEN
ASAHAN dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan mengenal
huruf anak di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat
Kabupaten Asahan ini dapat dilihat dari rendahnya kemampuan anak menunjukkan
huruf, menyebutkan huruf, dan menuliskan huruf. Penelitian dalam bentuk tindakan
kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf
melalui teka-teki bergambar di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan
Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan
tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa melalui media teka-teki bergambar dapat meningkatkan
kemampuan anak mengenal huruf. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya
peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah
dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka
dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak mengenal huruf yaitu pada pra
siklus 21,6%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 43,3%, siklus 2 rata-ratanya 73,3 dan
pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 85%. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media teka-teki bergambar dapat
meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di RA Pesantren Modern Daar Al- Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan