Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Outdoorstudy terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi oleh Siswa Kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Show simple item record

dc.contributor.author Manurung., Evi Kumala Sari
dc.date.accessioned 2020-11-19T04:15:57Z
dc.date.available 2020-11-19T04:15:57Z
dc.date.issued 2017-07-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13691
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami teks prosedur disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu Faktor internal disebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang menulis teks deskripsi. Faktor eksternal adalah kurangnya sarana media dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran outdoorstudy terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu untuk melihat perbedaan hasil sebagai akibat adanya perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa tes essai kemampuan memahami teks deskripsi dengan menggunakan uji “thitung‟‟. Setelah penelitian di kelas eksperimen diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran outdoorstudy hasil penelitian ini menunjukan sangat baik karena dibuktikan dengan rata-rata 82,6 Sedangkan hasil penelitian di kelas kontrol dengan model konvensional menunjukan cukup karena dibuktikan dengan rata-rata 60,6. Kemudian berdasarkan uji “t”, terdapat perbedaan karena thitung > ttabel (1,76) >1,67 ttabel taraf signifikan . Dengan demikian Ha diterima berarti ada pengaruh model pembelajaran outdoorstudy terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh siswa kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Outdoorstudy terhadap Kemampuan Menulis en_US
dc.subject Teks Deskripsi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Outdoorstudy terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi oleh Siswa Kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account