Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami teks
prosedur disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu Faktor internal disebabkan
kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang menulis teks deskripsi. Faktor
eksternal adalah kurangnya sarana media dan metode pembelajaran yang digunakan
oleh guru yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran outdoorstudy terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh
siswa kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu
untuk melihat perbedaan hasil sebagai akibat adanya perbedaan perlakuan yang
diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan alat pengumpulan data berupa tes essai kemampuan memahami teks
deskripsi dengan menggunakan uji “thitung‟‟.
Setelah penelitian di kelas eksperimen diterapkan dengan menggunakan
model pembelajaran outdoorstudy hasil penelitian ini menunjukan sangat baik karena
dibuktikan dengan rata-rata 82,6 Sedangkan hasil penelitian di kelas kontrol dengan
model konvensional menunjukan cukup karena dibuktikan dengan rata-rata 60,6.
Kemudian berdasarkan uji “t”, terdapat perbedaan karena thitung > ttabel (1,76) >1,67
ttabel taraf signifikan . Dengan demikian Ha diterima berarti ada pengaruh
model pembelajaran outdoorstudy terhadap kemampuan menulis teks deskripsi oleh
siswa kelas VIII SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.