Abstract:
Rendahnya kemampuan matematika siswa pada materi Barisan dan Deret
disebabkan karena kurangnya cara dan metode komunikasi yang dilakukan oleh
guru sehingga peneliti mendesain sebua perangkat Pembelajaran (LKPD).
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan lembar kerja
peserta didik materi Barisan dan Deret.Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (RnD) menggunakan ADDIE yaitu dahap pendefinisian (define),
tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop).Instrumen
penelitian adalah angket uji kelayakan ahli dan instrument evaluasi hasil belajar.
Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga
ahli dengan rata-rata skor 3,33 dengan persentase 83,25 % memenuhi kriteria
layak.Hasil penilaian akhir pada IPPP-2 oleh ketiga ahli dengan dengan rata-rata
skor 3,45 dengan persentase 86,25 % memenuhi kriteria layak.Serta hasil
penilaian akhir pada IPPP-3 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,25dengan
persentase 81,25 % memenuhi kriteria layak.Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa desain pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Menggunakan Model Guided Discovery Materi Barisan dan Deret.