Abstract:
Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru di RA Firdausy pada kelompok A
Kecamatan Medan Denai, kenyataannya terlihat bahwa kemampuan anak dalam menghitung
masih rendah. Sebagian besar anak masih melakukan kesalahan dalam menyebutkan urutan
bilangan atau menghitung angka 1-10. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan
kognitif anak dalam menghitung angka 1-10 melalui metode hypnoparenting pada anak RA
Firdausy Kecamatan Medan Denai kelompok A. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,
maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan kognitif anak dalam menghitung
angka 1-10 melalui metode hypnoparenting pada anak RA Firdausy Kecamatan Medan Denai
dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata secara
keseluruhan dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Berdasarkan ketentuan keberhasilan anak adalah BSH dan BSB maka dapat dirata-ratakan
peningkatan keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 24,5%, selanjutnya siklus I rata-ratanya
adalah 46,7%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 68,9%, selanjutnya pada siklus
III rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan melalui metode Hypnoparenting dapat
meningkatkan kognitif anak dalam menghitung angka 1-10 pada anak usia dini (RA).