Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Iqra,
metode membaca Iqro yang digunakan guru monoton, masih rendahnya hasil
pembelajaran membaca Iqra Rendahnya kemampuan membaca Iqra, Metode membaca
Iqro yang digunakan guru monoton, masih rendahnya hasil pembelajaran membaca Iqra.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu
kelompok B RA Al Iman Kecamatan Batang Kuis dengan jumlah anak sebanyak 17 anak
dengan 8 anak laki-laki dan 9 anak Perempuan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kemampuan membaca iqra kelompok B RA
Al-Iman Kecamatan Batang Kuis dapat ditingkatkan melalui media audio visual.
Peningkatan Kemampuan membaca iqra melalui media audio visual anak dapat dilihat
pada hasil penelitian pratindakan diperoleh sebesar 34,5%. Siklus I kemampuan membaca
iqra sebesar 40,25%. Siklus II kemampuan membaca iqra sebesar 57%. Siklus III sebesar
89,5%.