Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis teks
prosedur kompleks dengan menggunakan model pembelajaran inquiring minds want
to know dan metode konvensional oleh siswa kelas X SMK Negeri 4 Tebing Tinggi
Tahun Pembelajaran 2016-2017, serta untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh
model pembelajaran inquiring minds want to know terhadap kemampuan
menganalisis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMK Negeri 4 Tebing
Tinggi Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMK Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang terdiri
dari 149 siswa dalam 9 kelas, sedangkan sampel penelitian ini diambil secara random
kelas sebanyak dua kelas, yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 20 orang dan kelas X Multimedia sebagai kelas kontrol yang berjumlah 19
orang siswa. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Tes yang digunakan
dalam penelitian adalah tes esai menggunakan teks. yaitu tes yang penugasannya
menganalisis unsur-unsur teks prosedur kompleks. Berdasarkan analisis data,
kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran
inquiring minds want to know rata-rata 76,3 termasuk dalam kategori sangat baik.
Hal ini disebabkan sebelum siswa menganalisis teks prosedur kompleks, terlebih
dahulu siswa diberikan perlakuan berupa pembelajaran yang merangsang rasa ingin
tahu siswa. Sedangkan kemampuan siswa menganalisis teks prosedur kompleks
dengan model pembelajaran konvensional dalam kategori kurang baik dengan ratarata 56,6. Hal ini disebabkan karena siswa kurang termotivasi atau kurang aktif dalam
proses pembelajaran yang akhirnya menyebabkan kurangnya kemampuan
menganalisis teks prosedur kompleks oleh siswa. Selanjutnya, proses pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran inquiring minds want to know
berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis teks prosedur kompleks
sesuai perhitungan dengan uji “t” diperoleh nilai thitung> ttabel pada taraf signifikansi α
= 0,05 dengan dk = (N1 + N2) – 2 = 37 yaitu 17,5814> 0,3250. Sehingga Ha
dinyatakan benar dan diterima. Hal ini berarti model pembelajaran inquiring minds
want to know berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menganalisis
teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Negeri 4 tahun pembelajaran 2016-
2017