Research Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Tutoring terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Drama oleh Siswa Kelas VIII MTs Proyek Kandepag Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Riky Gunawan
dc.date.accessioned 2020-11-19T03:33:05Z
dc.date.available 2020-11-19T03:33:05Z
dc.date.issued 2017-03-01
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13655
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi pembelajaran peer tutoring terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII MTs Proyek Kandepag Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas VIII-Adan VIII-B MTs Proyek Kandepag Medan. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol, sehingga ukuran sampel dari penelitian ini adalah 72 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen postes berupa tes essay. Instrumen penelitian terdiri dari 6 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian untuk kelas eksperimen rata-rata nilai 82,52 dengan standar deviasi 13,78. Untuk kelas kontrol rata-rata nilai 50,57 dengan standar deviasi 8,60. Dan dari uji t nilai postes dari dua kelas sampel diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 1,98>1,66, dengan demikian Haditerima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peer tutoring terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII MTs Proyek Kandepag Medan tahun pembelajaran 2016-2017. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenarannya dan diterima. en_US
dc.subject Unsur Intrinsik Drama en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Peer Tutoring en_US
dc.title Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Tutoring terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Intrinsik Drama oleh Siswa Kelas VIII MTs Proyek Kandepag Medan Tahun Pembelajaran 2016- 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account