Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi pembelajaran peer tutoring terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII MTs Proyek Kandepag Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas VIII-Adan VIII-B MTs Proyek Kandepag Medan. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol, sehingga ukuran sampel dari penelitian ini adalah 72 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen postes berupa tes essay. Instrumen penelitian terdiri dari 6 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian untuk kelas eksperimen rata-rata nilai 82,52 dengan standar deviasi 13,78. Untuk kelas kontrol rata-rata nilai 50,57 dengan standar deviasi 8,60. Dan dari uji t nilai postes dari dua kelas sampel diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 1,98>1,66, dengan demikian Haditerima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peer tutoring terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII MTs Proyek Kandepag Medan tahun pembelajaran 2016-2017. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenarannya dan diterima.