Abstract:
Permasalahan yang diteliti dalam kegiatan pembelajaran yakni kemampuan
Sosial-emosional anak yang rendah serta anak merasa bosan dan jenuh dengan
pembelajaran yang setiap hari selalu sama yang diberikan oleh guru sehingga anak
kurang bersemangat dalam belajar.Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana
meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak melalui metode sosiodrama. Adapun
tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan
sosial-emosional anak melalui metode sosiodrama.
Prosedurpenelitianinimelalui 4 tahapanyakniperencanaan, pelaksanaan,
pengamatandanrefleksi. Sedangkanteknikdanalatpengumpulan data
dalampenelitianiniyaitutes, observasi, diskusidandokumentasi. Adapunanalisis data yang
digunakandalampenelitianiniyaitu data kuantitatifserta data kualitatif.
Hasilobservasipadapenelitianinibahwaadanyapeningkatankemampuankognitifan
akmelaluikegiatan yang
telahdilaksanakanpadaanak.Sebelumdiadakanpelaksanaantindakankelas,
kemampuankognitifanaksebesar 20 % yang terdiridari 3 orang anak yang
mengalamipeningkatanberkembangsangatbaik (BSB). Padasiklus Imeningkatmenjadi 40
% yang terdiridari 6 orang anak yang mengalamipeningkatanberkembangsangatbaik
(BSB).Sedangkanpadasiklus II,semakinmeningkatmenjadi 86,6 % yang terdiridari 13anak
yang mengalamipeningkatanberkembangsangatbaik (BSB).
Dari
hasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwaterjadipeningkatanterhadapkemampuanSo
sial-emosionalanakmelaluimetodesosiodrama di RA Al-FathinBelawantahunpelajaran
2016/2017.